Menu

Mode Gelap

Kuliner Makanan · 17 Sep 2022 07:11 WIB

Aneka Wajik, Citarasa Dan Asalnya


Aneka Wajik, Citarasa Dan Asalnya Perbesar

Wajik adalah salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia. Kue wajik memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap tempat. Nama wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah.

Kue wajik di Sumatra disebut pulut manis. Wajik yang berasal dari ketan juga disebut dengan istilah ketan wajik. Selain memiliki sebutan yang berbeda-beda, Indonesia juga memiliki beberapa jenis wajik. Wajik yang paling dikenal adalah wajik ketan yaitu wajik yang berasal dari beras ketan.

Meskipun Kue ini dikenal luas di Indonesia, kue ini juga terkenal di negara tetangga, sehingga kue ini kadang juga diakui sebagai kue khas negara tetangga Indonesia.

WAJIK KETAN

Wajik yang biasa di kenal masyarakat luas adalah wajik yang berasal dari ketan atau wajik ketan. Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Setelah wajik diangkat dari tempat pengolahan, wajik kemudian akan dibentuk atau diiris sesuai dengan keinginan pembuat. Bentuk yang biasa dibuat adalah belah ketupat atau jajar genjang. Bentuk belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa biasa disebut bentuk wajik, oleh karena itu kue ini bernama wajik. Kue wajik biasanya juga berbau harum karena dalam pengolahannya menggunakan daun pandan.

Jenis wajik ketan selain berwarna coklat ada pula yang memiliki warna lain seperti warna hijau dan warna merah muda. Warna hijau pada kue wajik berasal dari pewarna alami yaitu dari sari daun suji, sedangkan warna merah muda bisa didapat dari pewarna makanan. Wajik yang berwarna hijau dan merah muda tidak menggunakan gula merah melainkan menggunakan gula pasir.

WAJIK KLETIK

Wajik kletik adalah kue yang diakui khas dari Blitar, Jawa Timur. Wajik kletik juga memiliki bahan utama yang sama dengan wajik ketan yaitu beras ketan. Bedanya wajik kletik dengan wajik ketan adalah, wajik kletik dibungkus kecil-kecil menggunakan kulit jagung atau klobot. Kulit jagung akan disetrika supaya kering dan terbebas dari bakteri sehingga wajik menjadi lebih tahan lama

WAJIK BANDUNG

Nama wajik bandung diambil dari asal daerahnya yaitu Bandung. Wajik bandung juga terbuat dari beras ketan, tetapi dicampur dengan kelapa parut dan gula. Wajik bandung dibungkus kecil-kecil menggunakan kertas minyak yang berwarna-warni. Kertas tersebut yang membuat penampilan wajik bandung menjadi lebih meriah. Perbedaan wajik ketan dan wajik bandung adalah pada teksturnya, pada wajik ketan teksturnya terlihat dominan beras tetapi pada wajik bandung dominan parutan kelapa.

CITA RASA

Kue wajik memiliki cita rasa manis yang legit. Rasa manis tersebut sering pula di tambahkan dengan aroma lain seperti rasa pandan dan panili sedangkan rasa makanan ini ada yang memiliki rasa asli yaitu rasa gula merah dan rasa durian. Kue wajik memiliki tekstur seperti beras yang belum matang tetapi apabila dimakan akan terasa lunak dan mudah digigit.

KEGUNAAN

Kue wajik banyak digunakan sebagai hidangan untuk suguhan tamu dan acara. Beberapa daerah juga menggunakan wajik sebagai kue oleh-oleh seperti di daerah Magelang dan Blitar. Daerah Magelang mengenalkan wajik ketan berwarna coklat gula merah sebagai oleh-oleh khas Magelang, sedangkan Blitar mengenalkan wajik kletik sebagai oleh-oleh khas dari Blitar.

Kue wajik juga digunakan dalam hajatan.[l Kue ini harus ada pada suatu hidangan hajatan terutama di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kue wajik ketan juga digunakan sebagai hantaran pada suatu upacara pernikahan. Wajik ketan yang diberikan sebagai hantaran dari mempelai lelaki kepada mempelai perempuan melambangkan dan sebagai harapan hubungan pernikahan keduanya akan terus lengket dan langgeng.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Antara Teh Poci Dan Gudeng Mbok Jum

11 September 2022 - 16:00 WIB

How To Deal With A Very Bad Movie

31 Agustus 2021 - 15:37 WIB

Secrets Your Parents Never Told You About Movie

31 Agustus 2021 - 08:15 WIB

Use Movie To Make Someone Fall In Love With You

31 Agustus 2021 - 07:42 WIB

How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips

28 Agustus 2021 - 17:21 WIB

What Can You Do To Save Your Men From Destruction By Social Media?

27 Agustus 2021 - 10:37 WIB

Trending di Wisata Kuliner